Jumat, 06 Juli 2012

17 Keunikan Angka 7


Selain angka  4 dan 13, angka 7 juga memilki makna penting bagi beberapa bahakan hamper setiap budaya. Berikut beberapa makna dari angka 7 yang ada:

1. Pada budaya China, angka 7 dikaitkan dengan kehidupan seorang perempuan. Pada usia 7 bulan punya gigi susu dan gigi itu akan tanggal di usia 7 tahun. Roda yin atau masa puber akan dialami seorang perempuan pada usia 2x7tahun (14 tahun), dan pada usia 7x7 tahun (49 tahun) dimulainya masa menopuase.

2. Angka 7 mengandung angka 3 yang melambangkan jiwa dan surga, dan angka 4 yang melambangkan bumi dan tubuh. Makanya angka 7 ini sering diartikan sebagai angka yang melambangkan kesempurnaan, keamanan, keselamatan, dan penopang.

3. Di India banyak kisah mengenai angka ini, seperti kisah Dewa api Agni yang memilki 7 istri, memilki 7 api, balok atau lidah dan lagu-lagu yang diperuntukkan bagi Agni berjumlah 7.

4. Di india juga dalam upacara pernikahan pengantin harus mengelilingi api sebanyak 7 kali, mengucapkan sumpah setiap selesai menapak 7 langkah.

5.  Para pengikut Budha meyakini bahawa Sidharta Gautama ketika lahir langsung menapak 7 langkah, mencari keselamatan selama 7 tahun dan mengitari pohon Bodhi selama 7 kali sebelum bermeditasi.

makna 7
makna 7
6. Di jawa, ketika hamil mencapai 7 bulan akan diadakan selamatan, ketika bayi berusia 7 bulan juga ada prosesi turun tanah. 

7. Di jawa juga ada beberapa upacara menggunakan air dari 7 sumber mata air, kembang 7 macam, dan perayaan 7 hari 7 malam.

8. Di dunia ini ada 7 benua : Asia, Afrika, amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Australia, dan Antartika.

9. Pada biji dadu, angka yang ada pada sisis yang bertolak belakang selalu berjumlah 7. 1 dan 6, 2 dan 5, 3 dan 4.

10. Warna pelangi yang ditemukan oleh Isaac newton berjumlah 7 : merah, kuning, biru, indigo, jingga, dan violet.

11.  Hampir semua mamalia memilki 7 tulang belakang.

12. Menurut Baltimore Classification, ada 7 tipe virus.

13.  Masyarakat Kulin di Australia yang hidup di Dandenong Ranges, secara tradisional memilki 7 musim, sama dengan penduduk asli Amerika di Montana yang memilki 7 musim : chinnok, muddy spring, green summer, gold summer, indian summer, late fall, dan cold winter.

14. Dalam mitologi Yunani, ada kisah tentang 7 Pleiades, anak dari Atlas yang dikejar oleh Orion. Mereka adalah: Maia, Electra, Taygate,Alcyone, Calaeno, Sterope, dan merope. Atlas tidak dapat menolong karena dipaksa memanggul bola dunia. Dewa Zeus kasihan dan akhirnya mengubah tujuh saudari itu menjadi bintang-bintang di langit. Orion pun akhirnya berubah menjadi konstelasi bintang dan bersauh tak jauh dari ketujuh bintang ini yang terus mengejar mereka.

15. Pada kisah putri salju, memiliki 7 kurcaci : Bashful, Doc, Dopey, Grumpy, Happy, Sleepy, dan Sneezy.

16. Pada mitologi di jepang dikenal 7 dewa keberuntungan : Hotei, Jurojin, Fukorokuju, Bishamonten, Benzaiten, Daikokuten, Ebosu. Mereka menaiki kapal harta karun Takarabune dan berlabuh setiap tahun baru membagikan hadiah. Karenaynya setiap tahun barum anak-anak akan mendapatkan angpao bergambar kapal takarabune dan tujuh dewa ini.

17. Di London ada daerah yang disebut Seven Dial yang merupakan persimpangan dari 7 jalan. Sekarang dikenal sebagai kawasan pertokoan. Agatha Christie memakai nama persimpangan ini untuk judul buku misterinya, The Seven  Dials Mystery.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar